Tips dan Trik

Lebih Cermatlah dalam Bertransaksi Online

Lebih Cermatlah dalam Bertransaksi Online

Artikel tentang tips bertransaksi online mungkin sudah acap di jumpai. Apa yang kami tulis di sini mungkin sekedar mengingatkan kembali saja agar lebih cermatlah dalam bertransaksi online, hal ini berdasarkan pengalaman saya pribadi yang mudah tergiur dengan penawaran (apalagi kalau sudah murah dan terjangkau, tetapi…??!). Dalam hal ini alangkah baiknya, dari sisi si-penjual begitupun sebaliknya dari sisi si-pembeli agar lebih berhati-hati, terutama dari sisi si-pembeli jika membeli produk non pisik (software, plugin, template, etc) yang perlu di tekankan terpakai atau tidak produk tersebut, jangan sampai sudah terbeli dan ingin menanyakan tutorialnya tetapi pihak admin (si-penjual) tidak bisa di hubungi (kalaupun bisa ogah-ogahan menjawabnya).

Lebih Cermatlah dalam Bertransaksi Online

Berikut beberapa tips yang saya sadur dari beberapa tempat (termasuk Kompas.Com).

Tips untuk pembeli

  • Jangan langsung melakukan pembayaran kepada penjual, tanyalah terlebih dahulu tentang segala hal atau jika memungkinkan hubungilah si-penjual terlebih dahulu.
  • Jangan mentransfer pembayaran sebelum rencana pembayaran telah di sepakati.
  • Mintalah informasi yang jelas mengenai produk yang di maksud.
  • Untuk produk pisik, jika memungkinkan dan lebih aman untuk mendatangi langsung alamat si-penjual (hal ini jika alamat si-penjual tidak jauh dari alamat si-pembeli).
  • Sahabat juga bisa minta bantuan pada rekan sahabat yang berdomisili di kota yang sama dengn alamat si-penjual.
  • BERHATI-HATILAH PADA PENAWARAN YANG MENGGIURKAN (seperti slogan : Harga Murah, aplikasi / software mudah di pakai bahkan gaptek sekalipun, di jamin mudah di pakai, 100% lulus copyscape, dan lain-lain).

Tips untuk penjual

  • Hindari kesalahpahaman, pastikan si-penjual memberikan informasi yang jelas kepada si-pembeli.
  • Usahan si-penjual bersikap lebih terbuka, terutama jika si-pembeli meminta informasi berkaitan dengan produk yang di beli dan pastikan mudah untuk di hubungi.
  • Buatlah kesepakatan yang baik dengan si-pembeli, khususnya ketika menuliskan statement haruslah sesuai dengan isi penawaran pada statement tersebut (ex : kami siap membantu jika ada kendala, tetapi nyatanya..???!!).
  • Jika penjualan berupa produk pisik, mintalah alamat yang jelas terutama KODE POS, hal tersebut sangat di perlukan agar tidak terjadi kirim salah alamat.
Kunjungi Juga :   Hosting dan Domain Fasilitas Komplit Rujukan Para Blogger

Demikian beberapa unek-unek yang saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi, mudah-mudahan sahabat yang berkunjung ke Blog ini dapat lebih cermatlah dalam bertransaksi online.

SANGGARBisnisOnline.Com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *